Minggu, 22 Januari 2012

ngegalaunya anak sma cuy

hay hay, duh pagi pagi kan udah ngebloging, wkwk. mau cerita lagi nih, cerita apa yah kita. hmm oke kita cerita galau galauan aja kali yeh, sip, sekarang gue tanya, apa sih yang digalauin anak kelas 3 sma macam gue ini? well pasti kelulusan dan ptn, so yang mau gue bahas sekarang adalah ptn. sobri sobri tau pan ptn apa? haha, ya kale kalo gatau gua kasi tau yak, ptn itu singkatan dari perguruan tinggi negri. oke, pertanyaan kedua, mayoritas warga negara indonesia maunya masuk ptn mana sih? oke kita sepakat jawab universitas indonesia.

oke deh ye, sebelom kita masuk ke masalah gue, gue jelasin dikit yeh tentang ptn. ditahun pelajaran 2011/2012 ini, ada beberapa cara masuk ke ptn yang kita inginkan, yaitu pmdk, snmptn undangan, snmptn tulis, dan ujian mandiri. mau dijelasin satu satu? cape dun-,- yodeh karna gue lagi ga ada kerjaan nih dirumah, gue jelasin yak. kalo yang namanya pmdk itu sebenernya bukan hanya ptn aja yang bisa buat, pts juga bisa buat. jadi kalo ptn yang buka pmdk itu biasanya hanya buka program d3, karena program s1 akan dilakukan melalui jalur snmptn. sama seperti snmptn, pmdk adalah jalur non tulis, jadi kita disaring melalui nilai rapot dan juga nilai nilai non akademis kite, begitcuw kawan kawan. lanjut ke snmptn, snmptn itu singkatan dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negri. oke, singkat kata snmptn ini memiliki susunan kepanitiaan sendiri, yang melibatkan seluruh universitas negeri dari sabang sampai marauke, snmptn sendiri dibedakan menjadi 2 jalur, yaitu tulis dan undangan. bedanya itu, kalo tulis ya kita di test kemampuan akademis kita, melalui soal soal yang banyak dan banyak-,- hehe. nah kalo undangan itu ya sama kaya pmdk gitu, non test, tapi seleksinya melalui nilai rapot. nah yang terakhir itu ada ujian mandiri, yah sobri sobri kayaknya udah tau kali ya kalo ujian mandiri kayak apa, yah udah masuknya di test dulu, dan kalo udah lulus test, juga harus menggali kocek yang dalam-,- you know lahh, hohoo

sipo laho, kembali kepermasalahan pergalauan gue! ceritanya nih gue dapet nih kesempatan untuk mengikuti snmptn undangan (karna ga semua siswa bisa dapet gitu). jeng jeng, disini galaunya gue! jadi ceritanya, kalo snmptn undangan itu bisa milih 2 universitas negri dengan masing masing universitas memilih 2 jurusan, nah jadinya totalnya kan 4 jurusan tuh. sekarang gue nya nih maunya sih emang universitas indonesia (kata laki gue ikutin arus aja gitu-,- tapi kalo gue emang pengen!) nah yang kedua gue balik ke kampungnya mami papi gue, di sumatra, yaitu universitas sumatra utara. gimana yaw, kalo misalkan nih ya misalkan, UI gue jadiin pilihan pertama, kemungkinan gue masuk tuh tipis banget, ya kan tadi udah dibilang, mayoritas dari sabang sampe marauke mau ke UI-,- tapi kalo misalkan gue pilih USU, ya gpp sih, udah siap juga gue ninggalin jakarte tempat kelahiran tercinteh ini:'( tapi kalo gue dapet tuh USU, gue ga boleh ikut lagi snmptn tulis ataupun ujian mandiri, yang sebenernya masih memungkinkan gue masuk UI. gimana dong, bisa mati penasaran gue ga coba masuk UI kan? huhu (lebai sikit bole lah yew). jadi menurut sobri sobri gue milih apa? kalo kata wonder woman gue, pilih UI aja, toh kalo ga masuk kamu siap test kan? gitu katanya-,- yoloh. siap siap gitu sih mak-,- haha.. kalo kata laki gue, ikut kata hati lah (ga jelas nih kata hari gue-,-), kalo kata mpok gue, solat istiqarah-,- temen temen gue-,- ga ada yg kasih solusi (yaiyalah sama sama bersaing) begimana dong, beneran kan galaunyah-,- whuhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar